Sambut Hangat Studi Kasus Riedno Graal Taliawo, KNPB Pusat: Selamat Untuk Gelar Doktor.


Jayapura, CekFakta
- Kami Badan Pengurus Pusat Komite Nasional Papua Barat BPP-KNPB menyampaikan Ucapan Selamat kepada Riedno Graal Taliawo atas gelar Doktor yang diterima Melalui Sidang akademik promosi gelar Doktor. 

Selamat atas gelar Doktor dalam Ilmu Politik  kepada Riedno Graal Taliawo, yang diberikan  pada tanggal 1 Desember 2022, tepat di hari Manifesto Politik Bangsa Papua Barat. 

"Ucapan Selamat Dan Terima kasih Kepada Riedno Graal Taliawo Atas Gelar dan studi Kasus Perjuangan tanpa kekerasan oleh KNPB." 

Hal disampaikan Ones Suhuniap Jubir Nasional Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat kepada CekFakta, melalui layanan WhatsApp, Kamis (1/12/2022).

Lanjut Ones mengatakan, Kami juga menyampaikan terimakasih kepada Riedno Graal bersedia menyusun dan melakukan penelitian dengan Studi Kasus "Perjuangan tanpa kekerasan oleh KNPB" selama 14 tahun dengan isu Referendum sebagai solusi demokratis sampai saat ini masih konsisten.

Ones mengatakan, Sekalipun Pemerintah Indonesia melalui aparatur militer terus mengkriminalisasi KNPB dan selalu dijadikan kambing hitam, namun dengan kajian akademik ilmiah yang disusun kawan Riedno Graal Taliwalo menggugurkan semua tuduhan palsu oleh kepolisian kepada KNPB selama Ini. 

"Sekali lagi selamat untuk gelar Doktor yang diperoleh dengan studi kasus "Perjuangan tanpa kekerasan oleh KNPB" selama ini dengan isu tunggal Referendum di West Papua sebagai solusi konflik di Papua,"ujarnya. 

Ones mengatakan, KNPB telah melakukan 199 aksi protes persuasif  dan 21 aksi Non Koperasi. - Ditulis dalam Disertasi Graal berjudul Gerakan Perlawanan Tanpa Kekerasan Studi Kasus Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Dalam Mendukung Referendum Papua Barat Periode 2008-2021.

Ones membeberkan, ini adalah sebuah kajian akademik yang membantah stigma negara terhadap KNPB," KNPB adalah organisasi anti diskriminasi terhadap orang Indonesia, KNPB adalah organisasi yang menjunjung tinggi demokrasi, salah satunya dengan tuntutan referendum yang konsisten dan penuh tanggung jawab yang diperjuangan KNPB sebagai solusi demokratis," ujarnya.

Ones juga menambahkan, Tidak ada upaya yang bisa digunakan untuk membantah bahwa KNPB adalah organisasi non kekerasan. 

"Kebenaran bisa disalahkan, tapi kebenaran tidak akan pernah bisa dikalahkan,"katanya.

Adapun bentuk Perjuangan Tanpa Kekerasan ditulisi Riedno Graal Taliawo adalah diantaranya:

1. 199 aksi protes persuasif selama 2008-2021 dengan 9 kategori aksi.

2. 21 Aksi Non Koperasi.

1. Banyak pihak yang tidak percaya dengan upaya gerakan perlawanan tanpa kekerasan yang dilakukan oleh KNPB. 

2. KNPB kapan bisa melakukan kekerasan karena ada catatan tudingan bahwa KNPB melakukan jual beli senjata.

3. Ada 4 gambaran dari konflik yang terjadi di Papua; kelompok Papua Merdeka minta kelompok pendatang kembali ke daerah, kelompok Papua Merdeka bicara bagian dari kerajaan Belanda, kelompok Papua Bagian dari NKRI, dan kelompok Papua Merdeka yang membayangkan ada suatu kondisi dimasa depan Papua tidak ada kaitannya dengan Pemerintah Indonesia. 

4. Bagaimana sikap KNPB terhadap pandangan orang Indonesia kembali ke daerahnya. 

5. Cacat sejarah yang menjadi dasar perjuangannya, apakah menurut anda itu merupakan catatan sejarah yang bersifat fakta menurut anda atau perbedaan persepsi antara aktivis dan penyelanggara Pepera.

Sebagaimana yang dimaksud pada poin-poin diatas, menurut Ones:

1. Karena agenda KNPB berlawanan dengan kepentingan negara, dan KNPB tidak memiliki media yang bisa menunjukkan bahwa dia adalah media perlawanan tanpa kekerasan. KNPB tidak memiliki senjata dan tidak pernah melakukan perlawanan menggunakan senjata. Ini membedakan KNPB dengan TPNPB dan menunjukkan bahwa KNPB berjuang tanpa kekerasan.

2. Belum ada bukti secara hukum yang mengkonfirmasi bahwa KNPB melakukan jual beli senjata. Cara untuk membedakan agenda organisasi dan agenda individu, setiap agenda organisasi selalu ada penanggung jawabnya. 

4. Kalau Papua Merdeka, itu kembali pada mereka para pendatang mau kembali ke Indonesia atau bersama dengan kami. KNPB itu non diskriminasi dan menunjung demokrasi. Bagi mereka solusi yang paling demokratis adalah referendum. 

5. KNPB lahir dari kegelisahan pemuda bukan dari euforia elit ditahun 1998.

6. KNPB lebih tepat disebut Freedom Fighter.

7. Ada fakta bahwa PEPERA itu dilakukan 1025 orang. Ada fakta pepera dilakukan. Tapi bagi rakyat Papua Pepera itu tidak adil, akan tetapi secara institusional benar bahwa PBB telah menerima. (Badii Jheff)

Post a Comment

Previous Post Next Post

JSON Variables

World News

نموذج الاتصال