Dinan Adii Anak Muda Mee yang Punya Skill Otak Atik Motor

Ketika Dinan Adii otak Atik Motor di Jayapura 

CekFakta
- Dinan Adii anak muda Deiyai yang baru selesai pendidikan dari Universitas Cenderawasih Jayapura Papua, Fakultas Hukum, jurusan Hukum perdata, wisuda pada 16/08/2021 lalu. 

Masa pendidikannya, dia berbagi fokus, tidak hanya kuliah. Di luar jam kuliah, Dia memanfaatkan waktu untuk meningkatkan skill atau kemampuan perbaikan motor yang ia sudah geluti sejak masih SMP secara mandiri maupun kerja di beberapa bengkel yang ada di kota Jayapura. 

Dia juga sering dipanggil ke rumah oleh mahasiswa untuk perbaiki motor, sekalipun alat-alat perbaikan motornya yang tidak kunjung lengkap, namun dia mampu memperbaikinya hingga tuntas. Beberapa bulan lalu, Dinan sudah buka Bengkel Motor sederhana di dua tempat. Sasarannya di asrama Tunas Harapan Padan Bulan dan di Sekretariat Apogo Kota Raja. Tujuannya meningkatkan kualitas diri perbaiki motor dan mencari penghasilan tambahan. 

Sangat terbukti sekali, puluhan motor rusak milik mahasiswa di Jayapura diperbaikinya. Beberapa orang mahasiswa sudah bersaksi tentang kemampuan mengoperasikan motor yang di saksikan mereka sendiri. Sehingga kerap di kagumi dan sangat percaya Dinan dengan keahlian yang dimilikinya.

Dia adalah sarjana hukum, ia bahkan dicemburui oleh anak-anak muda dan masyarakat, kenapa kuliahnya tidak geluti teknik mesin saja untuk mengembangkan kemampuan baik secara praksis maupun teorinya. Namun ia ngaku "Soal Otak-atik motor hal kecil." 

Cerita singkat proses belajar Dinan Adii secara otodidak

"Saat saya masih di sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) saya memiliki sebuah sepeda dan biasa bongkar pasang sepeda itu. Saya pernah pasang roda sepeda menjadi tiga, saya pernah juga pasang stir mobil di sepeda. Perbaiki roda, pasang rantai dan lainnya itu biasa." 

"Setelah saya sudah sekolah Menengah Atas (SMA), saya punya motor. Dan saya termotivasi oleh terbiasanya bongkar pasang sepeda, saya mulai belajar bongkar pasang motor. Proses belajar bongkar pasang yang saya lakukan adalah setiap jam pulang sekolah, saya biasa mampir di bengkel yang ada di Waghete, sambil nonton karyawan bengkel perbaiki motor, setelah itu saya pulang, saya coba praktekkan bongkar pasang pada motor saya, seperti yang saya lihat di bengkel. Hampir setiap hari saya lakukan seperti ini, hingga akhirnya semakin hari semakin saya memahami dan menguasainya. Setelah saya merasa sudah bisa, saya mulai bantu-bantu di bengkel Nus depan kantor Bupati Deiyai. Ini menjadi modal dasar saya untuk mendalami dunia mekanika, sehingga saya fokus saat kerja di bengkel Nus. Sekarang, saya bisa melakukan bongkar dan pasang motor merek apa saja. 

Dinand Adii, Tidak di Ragukan Lagi

Saat ini, seorang Dinan Adii tidak di Ragukan lagi, karena mempunya pengalaman yang cukup banyak, juga sangat menguasai dunia mekanika ini. Di saksikan oleh kalangan mahasiswa maupun masyarakat yang ada di sekitar kota Jayapura bahkan di Deiyai. Berdasarkan pengalaman yang cukup dan Ia pun siap kaderkan siapa saja yang ingin belajar bersama dia. 

Saya juga Saksi

Saat dia datang perbaiki saya motor di rumah, kamkei Jayapura, sempat saya bertanya "Adik biasa perbaiki motor tetapi tidak hanya satu merek, jadi apakah Anda biasa bingung atau tidak? "Mau motor merek apa saja itu kecil," jawab Dinan sambil senyum. Ini menandakan bahwa Dinan siap untuk memperbaiki Motor. 

Dinan Adii, Siap Kaderkan Anak Muda

Anak-anak muda Deiyai yang ingin belajar bongkar dan pasang motor dan yang sedang kuliah di jurusan teknik mesin khususnya di Jayapura, belajar dan berguru pada Dinan Adii, sebab dia sudah ahli dalam dunia bongkar pasang motor. Karena kamu akan paham dengan mudah dan gampang karena bahasanya muda paham, proses belajar tidak rumit, tidak teori banyak tapi langsung praktek. 

Upaya mengurangi kenakalan remaja dari masalah sosial seperti miras, lem Aibon, Narkoba dan sejenisnya lainnya. Pemerintah juga bisa fasilitas Dinan Adii agar dia bisa memberikan sekolah edukatif kepada anak-anak muda Deiyai atau Meepago pada umumnya. Karena pada dasarnya, anak-anak muda Papua cepat tanggap dan pahami ketika banyak praktek dari pada teori dulu lalu praktek. Selain pandangan lain adalah upaya untuk menekan persoalan sosial yang sedang subur di kabupaten Deiyai. 

Kemajuan Suatu daerah di tandai oleh SDM daerahnya semakin hari semakin meningkat. Kehadiran bengkel ini merupakan satu bagian positif yang bisa mengurangi aktivitas anak-anak muda yang sedang merusak masa depan dan generasi mereka, maka itu untuk mengatasi penyakit sosial lebih khusus bagi anak muda ini, pemerintah berperan dalam memfasilitasi Dinan Adii dan beberapa putra asli daerah lainnya yang sudah ahli dalam dunia bongkar pasang motor. Sebagai bukti bisa nonton video berikut ini: https://youtu.be/vREEtNA6hgs

[ Mion]

Post a Comment

Previous Post Next Post

JSON Variables

World News

نموذج الاتصال