China Tegas Ke AS, Siap Membayar Mahal Atas Dukungan Taiwan Merdeka

Ilustrasi helikopter serbu Apache AH-64E buatan AS saat upacara komisioning di pangkalan militer di Taoyuan, Selasa (17/7/2018).(AFP / SAM YEH)
 

Cek Fakta - Kementerian Luar Negeri China menegaskan, Amerika Serikat akan menerima konsekuensi sangat berat karena dukungan Washington terhadap niat Taiwan untuk merdeka.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi China CCTV dan kantor berita Xinhua, Kamis (30/12), Menteri Luar Negeri China, Wang Yi mewanti-wanti campur tangan AS dapat berujung pada situasi berbahaya.

"AS melanggar janji yang dibuat kala China dan AS membangun hubungan diplomatik, membenarkan dan mendukung pasukan 'kemerdekaan Taiwan', pun juga berusaha mendistorsi dan melubangi prinsip satu-China," kata Wang seperti dikutip AFP.

"Ini bukan hanya membawa Taiwan ke situasi yang sangat berbahaya, tetapi juga menjadi penyebab AS harus membayar harga yang tak terbayangkan mahalnya," tambahnya.

Baca JugaTurki Mulai Gunakan Vaksin Buatan Lokal Cegah Lonjakan Omicron

Sebelumnya, AS mengundang Taiwan ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Demokrasi yang membuat China geram.

AS memang tak memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan karena menjalin relasi resmi dengan China.

Namun, di bawah Taiwan Relation Act, AS mengemban tanggung jawab dan komitmen membantu melindungi Taiwan dari segala bentuk agresi, termasuk jika China memutuskan melakukan invasi.

Sementara itu, Beijing menilai deklarasi formal apapun yang menunjuk pada kemerdekaan Taiwan sebagai bentuk provokasi. China bahkan kerap mengancam dan menekan negara yang mendukung serta menjalin hubungan resmi dengan Taiwan.

China mengklaim Taiwan sebagai bagian dari negaranya, dan bersumpah akan meraih unifikasi dengan Taiwan dengan paksa bila perlu.

Baca JugaMiris! 5 Pastor Tewas Ulah Junta Militer Myanmar, Warga Semakin Panik

Dalam beberapa bulan terakhir, militer China bertindak agresif dan kerap mengerahkan pesawat dan kapal mereka untuk melewati perbatasan wilayah Taiwan. Mereka juga sempat melakukan latihan militer di sekeliling Taiwan.

China juga terus berusaha mengisolasi Taiwan dari dunia internasional dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini terlihat kala Nikaragua memutuskan mengganti dukungan diplomatiknya dari Taiwan ke China baru-baru ini.

Di lain sisi, tensi antara China dan AS juga kian meningkat. Selain karena dukungan AS atas Taiwan, permasalahan etnis Uighur di Xinjiang, pun juga persaingan perdagangan dan teknologi, membuat hubungan antar dua negara ini semakin kusut.

( Riska )

Post a Comment

Previous Post Next Post

JSON Variables

World News

نموذج الاتصال